Gambaran Pengetahuan Remaja Tentang Aborsi

Gambaran Pengetahuan Remaja Tentang Aborsi:
Konferensi Internasional Kependudukan dan Pembangunan (ICPD) Cairo tahun 1994 memperkirakan sekitar 50% penduduk dunia berusia berada dibawah 20 tahun menanggung risiko terbesar terkena masalah kesehatan seksual dan reproduksi. Selain itu, 10% dari  seluruh kasus aborsi, atau sekitar 5 juta pertahun, dialami remaja perempuan berusia 15-19 tahun. remaja dan dewasa muda perempuan juga rawan tindak kekerasan seksual, perkosaan dan eksploitasi seks. Pada tahun 2000, angka aborsi di Indonesia mencapai dua juta, 750 ribu di antaranya dilakukan para remaja puteri (Data BKKBN). Menurut data Perkumpulan Keluarga Berencana Indonesia (PKBI), tahun 2000 itu, terdapat jumlah aborsi yang mencapai 2,3 juta, tahun 2001 meningkat menjadi 2,5 juta kasus.
Tujuan Penelitian ini adalah untuk mendapat gambaran Pengetahuan Remaja tentang Aborsi di SMA Negeri 1 Raman Utara Kabupaten Lampung Timur Tahun 2010, dengan subjek penelitian remaja dan objek penelitian adalah pengetahuan remaja tentang aborsi.
Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan populasi adalah keseluruhan remaja kelas X dan XI yang berada di SMA Negeri 1 Raman Utara dengan jumlah populasi 156 remaja dan pengambilan sampel dengan tehnik metode quota sampling sehingga sampel yang diambil sebanyak 112 remaja. Untuk mengumpulkan data penulis menggunakan metode angket dan alat ukur berupa kuisioner untuk mengukur pengetahuan.
Dari hasil penelitian yang telah dilakukan didapat hasil bahwa Pengetahuan Remaja tentang Aborsi di SMA Negeri 1 Raman Utara Kabupaten Lampung Timur sebagian besar adalah dengan pengetahuan Cukup sebanyak 57 orang (50,89%), pengetahuan baik sebanyak 37 orang (33,04%), pengetahuan kurang sebanyak 17 orang (15,18%) dan paling sedikit pengetahuan Tidak baik sebanyak 1 orang (0,89%).
Kesimpulan yang diperoleh dari hasil penelitian ini adalah gambaran pengetahuan remaja tentang Aborsi di SMA Negeri 1 Raman Utara Kabupaten Lampung Timur termasuk dalam kategori yaitu cukup.

Kata Kunci : Pengetahuan, Remaja, Aborsi

Tidak ada komentar:

Arsip Blog

tes